Skip to main content

BEDA BAKING POWDER DAN BAKING SODA

Assalamualaikum wr wb duulluu
Hai guys, bertemu lagi dengan saya (semoga tidak bosan). Kali ini saya akan berbagi sebagian kecil sesuatu yang saya ketehui dan mengambil dari berbagai sumber yang ada. Termasuk nanya nanya sama toko kue yang mungkin bikin mereka sebel karna saya banyak nany.. hihiihi.. (maafkan ya mas mbak yang jaga toko kue). Tapi Asli mereka baiiikkk. tidak pelit ilmu 

Orang yang baru belajar mungkin sulit membedakan antara baking soda danbaking powder. Namanya hampir sama dan bentuknya juga serupa. Sama kayak saya dulu, bingung apa bedanya. Kayaknya sama aja? Ternyata kedua bahan itu (baking powder & baking soda)  punya banyak perbedaan loh, yuki kita baca satu-satu.

I. BAKING SODA
   Bahan ini mengandung sodium bicarbonat. Baking soda  akan bereaksi dengan ASAM seperti susu, cuka, telur, sour cream, air jeruk lemon, yogurt, buttermilk bahkan madu untuk membua kue. tanpa bahan tersebut baking soda  tidak dapat aktif dan adonan tidak akan mengembang. 

soda kue

     Reaksinya akan muncul segera, setelah kita mencampurk bahan-bahan. Jadi panggang/kukuslah bahan yang dicampur baking soda  dengan segera sebelum menjadi kempis kembali. Dan baking soda akan memiliki rasa pahit jika tidak dicampur dengan bahan asam.


II. BAKING POWDER
    Baking powder sendiri adalah baking soda yang sudah mengandung asam tak perlu campuran bahan lain untuk membuatnya bereaksi. Saat baking powder  tercampur dengan bahan lainnya. Yang beredar di pasaran juga terdapat 2 jenis baking powder, yaitu baking powder single acting & baking powder double acting.
baking powder
double acting
baking powder
 single acting















         Adonan kue yang menggunakan baking powder double-acting  akan tetap mengembang bila dikukus/dipanggang walaupun sempat ‘berada di ruangan’ dalam waktu lama beda dengan adoan kue dengan baking powder single-acting yang akan gagal mengembang jika tidak segera masuk oven/kukusan. kue yang menggunakan baking powder, tidak akan menimbulkan rasa getir walaupun penggunaannya cukup banyak. Sebab seperti yang sudah dijelaskan di atas, baking powder sendiri sudah mengandung bahan asam di dalamnya.


III. CARA MENGETAHUI KEAKTIFAN  BAKING POWDER DAN BAKING SODA 
      Untuk mengetesnya, cukup masukkan sedikit baking soda atau baking powder dalam air hangat secukupnya. Jika berbuih dan bergelembung (seperti memasukkan Ad*m S*ri) berarti masih aktif atau masih bisa dipakai.


Bagaimana? sudah tidak bingung kan? cara membedakan penggunaan baking soda dan baking powder. Selamat mebuat kue kembali. Jangan lupa mampi mampir di 

instagram : @resep_istrinyasuami
facebook : resep istrinyasuami
youtube : dhasilfa raditya



ARTIKEL TERKAIT :




Comments

Popular posts from this blog

BINTIK MERAH PADA MATA BAYI / BALITA

                  " ayoooo sipiii,,ayoo bubuuu,,,ayooooo,,,," Kata anakku yang masih berusia 21 bulan ini. Belom terlalu jelas aku mendengar kata-katanya. Tapi cukup paham dengan apa yang dia minta. Karena masih ASI, jadi itu adalah sebuah moment buat aku Moment dimana aku memperhatikan sedetail mungkin apa yang berubah dari anakku. Bahkan ketika momen itu ada, goresan sedikit saja, di salah satu bagian tubuhnya aku biasanya mengetahuinya.      Naiklah dia keatas tempat tidur, dan mulai memandangi aku dengan penuh kasih sayang. TAPI...tiba tiba aku melihat sesuatu di matanya (jreeeng jreeeng). Kagetlah si ibu 1 anak ini bukan kepalang. Aku melihat 1 bintik merah di bola mata anakku, dibagian putihnya itu. Awal reaksiku adalah berteriak pada ibuku. Memanggil ibuku dan menannyakan apa yang terjadi pada anakku hingga matanya seperti ini. Ibuku yang sudah berpengalamanpun belum bisa memberikan jawaban yang membuat aku sedikit merasa tenang. Tapi namanya ndak tau ya masak mau d

IDE BEKAL SEDERHANA UNTUK SUAMI / ANAK

Assalamualaikum wr.wb.. selamat pagi/siang/sore/malam semuanyaaa.. Rasanya lama banget sudah nggak nulis lagi. Nulis blog itu rasanya mood nya kudu OK   gitu ya. Kalau nggak OK rasanya nulis itu sudah nggak bener aja dah (yaelah, kayak yg bener aja tulisannya) hahaha... Nah kemarin kemarin ni, pengen banget upload macam bekal makanan. Eittss, tujuannya bukan pamer ya (jangan su udzon, hehehe). Nah aku ini orangnya agak riweh, bingung kalau uda mau bikin bekal. Mikirnya ya ampuun, uda kayak apa an hahaha. Nah mangkanya punya ide, difoto kali ya, besok besok bisa diliat lagi, hehe. Tapi juga semoga bermanfaat buat yang lihat (InsayAllah). Nah ceritanya  Ya Allah ini hari darurat,  darurat sejagat rumah saya. Haha.. Bangun kesiangan. MasyaAllah, melakukan hal wajib dulu. Lalu masak secepat kilat. Untung punya sarden. Uda kelabakan, mana si kecil ngerengek mulu. Tapi tetiba duduk sebentar. 'Istighfar' dulu... eh manjur loh, jadi nggak perlu takut nggak keburu dan lain2.